Kamis, 04 Juni 2009

REAMER KARBURATOR STANDAR

Reamer karburator by R.A.T

Update sharing hari ini adalah tentang How To Tune karburator ^_^ Ini juga sebagai lanjutan update modifikasi mesin jupiter z yang ingin kencang tapi irit biaya tu kmaren tu loh… Hehehe.. Ati Karep Bondo Cuphet Jahhh…

Reamer karburator emang ga bisa dilakoni sembarangan, kudu ati2 dan kalem… Makanya orang jogja garapannya alus2 wong kalem2 dan sabar.. walah out of topic malah… Hehehehe.. Tapi tenang aja Reamer ala RAT Surabaya juga boleh dijajal kok…

Yang perlu diperhatikan adalah saat pembesaran harus dilakukan dengan mendesain ulang lubang Vent ouval ke atas, karena yang kita kejar adalah Power putaran atas maka reamer harus berbentuk begitu. Kalo diratain bunder ser ampe bawah mah motor susah idle pastinya. Lagian, ngapain juga nge-reamer ke arah bawah? Malah bikin udara banyak bablas lewat skep karburator walau udah nutup full.
Jangan lupa bagian belakang

Jangan lupa bagian belakang

Untuk moncong karbu yang dagingnya tebel kayak Karbu PE-28 bisa direamer dindingx 0.5mm kalo mau ekstrem ya coba aja 1mm, lebih dari itu dikhawatirin dinding karbu lobang. Tapi kalopun lobang bisa ditambal kok hehehe, mau karbu PE-28mm jadi 31mm?? Ayookkkk ajah..!!

Untuk karbu bebek apalagi yang kecil kaya punya Jupiter Z nih gak memungkinkan untuk direamer, lagian kalo direamer bentukx jadi jelek. Kan males ngeliat yang jelek2 hehehhee… Maka fokus kita adalah memperbesar skep karburator, mengganti dengan skep punya motor RC 100 dengan diameter 19mm, dari aslinya yang 17mm. Pengerjaan ini memang membutuhkan bantuan tukang bubut karena perlu mengikis lubang botol tabung skep sekitar 1mm.
Reamer Karburator Jupiter Z

Reamer Karburator 17mm ke 19mm

Lanjut… setelah area moncong dan Venturi kelar kena reamer maka terakhir fokus reamer adalah pantat karburator yang nempel ama manifold intake. Tetep batasan aman buat korek harian mah 0.5mm rata dinding samping dan atas, INGAT! INGAT! yang bawah jangan dikorek. Mending dibuat pola dulu dengan speedol baru dari dinding skep ditarik mundur, jadi bentuknya seperti corong yang berlawanan ama moncong karbu. Kalo kesusahan ya dibuat tarik rata aja gakpapa kok. Dont forget to adjust alignment with the intake manifold -bahasa madura keluar- hehehe.. maklum ketularan tukul sok keminggris.

Ongkos pengerjaan reamer untuk karbu gede seperti PE 28mm adalah 250 ribu, itu sudah termasuk penggantian SKEP karburator dengan bahan stainless steel. Untuk karburator bebek kita tarik ongkos 200 ribu, itu juga sudah pakai SKEP stainless steel juga. Jika tanpa rubah skep karbu, ongkos reamer aja hanya 50 ribu untuk karbu bebek, karbu motorsport mah kena 60 ribu. Murah meriah kencang… Gas Polll…!!!

diposting oleh ariefdanisa @ 03.09  

3 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda